Rabu, 06 Juli 2011

Hati-hati, Cacing Juga Hidup Di Kepala Manusia


Hati-hati, Cacing Juga Hidup Di Kepala Manusia - Hati-hati dengan infeksi cacing. Bisa saja itu merupakan suatu infeksi yang kita tidak sadari telah menggerogoti tubuh kita. Infeksi cacing parasit tidak hanya terjadi di saluran pencernaan. Baru-baru ini dokter di China berhasil mengeluarkan cacing pita sepanjang 23 cm dari otak seorang pasien yang mengeluh sering kejang padahal tidak punya riwayat epilepsi.

Pasien berjenis kelamin perempuan yang tidak disebutkan namanya itu pertama kali mengalami kejang pada Desember 2010. Hasil tes darah menunjukkan adanya infeksi, namun belum diketahui pasti di mana letaknya sehingga tidak segera ditindaklanjuti.

Setengah tahun kemudian, serangan epilepsi kembali terjadi dan kali ini hasil CT Scan menunjukkan adanya spot tidak dikenal di otak si pasien yang berasal dari Jiangsu, China timur. Tim dokter segera melakukan operasi untuk mengidentifikasi spot yang diduga memicu kejang tersebut.

Seperti dilaporkan Yangtze Evening Post, tim dokter menemukan granuloma yakni sejenis radang di otak yang dapat memicu serangan epilepsi. Setelah diotak-atik lebih dalam, dokter akhirnya menemukan penyebab yang sesungguhnya dari kejang maupun granuloma di otak pasien.

Penyebabnya tak lain adalah seekor cacing, yang ketika diukur panjangnya mencapai 23 cm. Dikutip dari Chinadaily, Kamis (7/7/2011), cacing yang tinggal dan menyerap nutrisi di otak itu dipastikan termasuk jenis cacing pita yang biasa ada di saluran pencernaan.

Para ahli menduga, cacing tersebut berasal dari makanan yang dikonsumsi pasien. Telur cacing pita bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan mentah dan akan menetas di saluran pencernaan, namun dalam beberapa kasus bisa menembus lapisan usus lalu menjelajah ke bagian tubuh yang lain.

Meski menghebohkan para dokter di China, cacing yang hidup di otak sebenarnya sering ditemukan khususnya di Amerika Serikat. Seperti diberitakan detikHealth sebelumnya, lebih dari 20 persen ahli saraf di California mengoperasi pasien untuk mengeluarkan cacing dari otaknya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © MENARIK BANGET Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger